Rabu, 19 Oktober 2011

Fakta-Fakta mengenai Benua Antartika


Map From Here
Permukaannya terdiri dari:
Hutan = 0%
Batu = 2%
Es = 98%
Penemuan benua Antartika yang pertama kali diterima umum terjadi pada 1820 dan pendaratan yang pertama terverifikasi pada tahun 1821. Namun, peta yang dibuat Admiral Piri Reis pada 1513 memuat sebuah benua selatan yang mungkin mirip dengan pantai Antartika dan penjelajah pertama menuju Kutub Selatan terjadi pada tahun 1911.
Antartika adalah benua yang paling dingin; suhu di musim dingin dapat turun di bawah minus 100 ° F (minus 73 ° C). Suhu terendah yang pernah tercatat di bumi berasal dari Rusia’s Vostok Station: minus 128,6 ° F (minus 89,2 ° C) pada July 21,1983.
Antartika juga merupakan benua terkering, kenyataannya, hampir seluruhnya gurun. Sangat sedikit salju jatuh pada interior benua. Namun, karena benua tersebut sangat dingin, salju tidak jatuh dan tidak mencair. Seiring berjalannya waktu salju hanya beberapa inci per tahun dan perlahan terakumulasi menjadi topi es besar.
Sekitar 99% dari Antartika ditutupi oleh salju dan es. Ketebalan es mencapai 4 km (2.4 mil) di beberapa tempat. Es ini mengalir keluar dari benua es mengambang menciptakan banyak rak tempat es yang mengalir memenuhi lautan. Rak es ini pada gilirannya menimbulkan banyak gunung es.

Topi es Antartika mengandung sekitar 70% dari planet air tawar dan sekitar 90% dari es.
Paling selatan gunung berapi aktif di dunia, Mt. Erebus, membentuk sebuah pulau di tepi Ross Ice Shelf. Gunung ini meningkat lebih dari 3.700 meter (12.100 kaki) di atas Laut Ross di sekitarnya dan wilayah McMurdo Sound. Dua stasiun penelitian Antartika, Scott Base (NZ) dan Stasiun McMurdo (AS) yang terletak di ujung selatan pulau vulkanik ini.
Hampir semua Antartika terletak di dalam Lingkaran Kutub Selatan (66 ° 33 ‘Lintang Selatan). Semua poin selatan garis ini pengalaman setidaknya satu hari dari 24-jam siang hari selama musim panas dan satu hari dari 24-jam kegelapan di musim dingin. Lebih jauh ke selatan lengkap periode siang hari dan gelap gulita bertahan lebih lama (hingga sekitar 4 bulan setiap per tahun)
Tidak ada negara di Antartika, benua diatur oleh perjanjian internasional
Antartika tidak mempunyai penduduk tetap benar. Kurang dari 1.000 orang musim dingin di atas pada tahun tertentu; populasi musim panas secara substansial lebih tinggi sebagai ilmuwan dan staf pendukung dari lebih 27 negara berkumpul di benua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar