Selasa, 25 Oktober 2011

Misteri Iron Pilar Dari Delhi

Artefak unik ini berdiri di tengah Masjid Quwwatul Tiang Besi adalah salah satu bangunan di Delhi yang paling aneh. Ditemukan  prasasti yang menyatakan bahwa itu dibangun sebagai tiang bendera untuk menghormati dewa Hindu, Wisnu, dan memori dari Raja Gupta Chandragupta II (375-413). Bagaimana pilar pindah ke lokasi saat ini masih merupakan misteri. Pilar itu juga mencerminkan prestasi India kuno di metalurgi.
Tiang ini terbuat dari besi tempa 98 persen dan telah berdiri 1.600 tahun tanpa berkarat.
Pemandangan itu begitu akrab: setiap kali Anda berada di sekitar Qutab Minar di Delhi, Anda pasti menemukan kelompok-kelompok wisatawan berkumpul di sekitar tiang besi tinggi, biasanya ada yang berusaha menyentuh dengan jari-jari dua tangan sambil memegang pilar dalam pelukan. Sangat sedikit berhasil tetapi, hampir selalu ada perasaan kegembiraan yang menurut kabar akan diberi kebenaran atau kesetiaan, bahkan umur panjang dan bisa menjadi apa pun.
iron pilar
Hampir siapa saja dari kelompok-kelompok wisatawan, tertarik untuk mengetahui sejarah pilar ini, atau mengetahui bahwa telah ada sebuah teka-teki bagi orang sejarawan, arkeolog, palaeographers, metallurgists. Pilar sekarang terletak di Delhi, meskipun ada yang tahu hampir pasti bahwa itu dipindahkan ke tempat itu dari suatu tempat di Madhya Pradesh sekitar seribu tahun yang lalu.Tapi, entah bagaimana, dalam pikiran saya, hal itu berhubungan juga dengan Shimla.
artefak kuno
Beberapa fakta unik fisik tentang pilar ini adalah 7,3 meter, dengan satu meter di bawah tanah; diameter adalah 48 cm di kaki, mengerucut hingga 29 cm pada bagian atas, tepat di bawah dasar wonderfully crafted; beratnya sekitar 6,5 ton, dan dibuat dengan pengelasan tidak jelas. Tapi, hampir segala sesuatu tentang pilar ini dikelilingi oleh kontroversi akut: Untuk siapa itu itu dibuat? Tepatnya kapan? Di mana awalnya berdiri sebelum dipindahkan ke Delhi? Apa benar impor dari tulisan panjang dalam aksara Brahmi terukir di atasnya? Siapa yang meletakkan tulisan kemudian di atasnya, dan kapan? Siapa yang pindahkan pilar ke lokasi yang sekarang, dan mengapa? Dari sudut pandang para ilmuwan, apa rahasia, misteri manusia yang besar, di balik fakta sehingga hampir sama sekali tidak berkarat? Tampaknya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan-pertanyaan ini.
benda bersejarah
artefak bersejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar