Minggu, 08 Juli 2012

Perhiasan Romawi Ditemukan di Makam Jepang Kuno

Perhiasan Romawi Ditemukan di Makam Jepang Kuno
Sebuah perhiasan dari kaca yang diyakini dibuat oleh pengrajin Romawi ditemukan di sebuah makam kuno di Jepang, para peneliti mengatakan, bahwa ini adalah tanda pengaruh kekaisaran tersebut mungkin telah mencapai tepi Asia.
Pengujian telah mengungkapkan bahwa tiga buah manik-manik kaca yang ditemukan di “Utsukushi”, gundukan makam dari abad kelima di Nagaoka, dekat Kyoto, mungkin dibuat pada suatu waktu diantara abad pertama dan abad keempat, hal ini berdasarkan penuturan Balai Penelitian Properti Budaya Nara.
Lembaga yang didukung pemerintah tersebut baru-baru ini selesai menganalisis komponen dari manik-manik kaca, berdiameter lima milimeter (0,2 inci), dengan sedikit fragmen emas yang melekat.
Ditemukan bahwa manik-manik berwarna kuning muda dibuat dengan natron, bahan kimia yang digunakan untuk mencairkan kaca oleh pengrajin di kekaisaran, yang mengantikan Republik Romawi pada 27 SM dan akhirnya berakhir dengan Kejatuhan Konstantinopel pada tahun 1453.
Manik-manik, yang memiliki lubang ditengahnya, dibuat dengan teknik multilayering, metode yang relatif canggih di mana pengrajin menumpuk lapisan kaca, dan kadang menambahkan lapisan emas di antaranya.
“Manik-manik itu adalah salah satu produk kaca berlapis tertua yang ditemukan di Jepang, sebuah aksesoris yang sangat langka dan diyakini dibuat di Kekaisaran Romawi, kemudian dikirim ke Jepang,” kata Tomomi Tamura, seorang peneliti di lembaga ini.
Kekaisaran Romawi terkonsentrasi di sekitar Laut Mediterania dan membentang ke arah utara yang sekrang dikenal sebagai Inggris. Dan temuan di Jepang, yang jaraknya sekitar 10.000 kilometer dari Italia, mungkin adalah titik terang sampai sejauh mana pengaruh kekaisaran tersebut di Timur, kata Tamura.
“Ini juga akan diikuti dengan penelitian yang lebih lanjut tentang bagaimana mereka bisa menemukan jalan ke Jepang,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar