Senin, 07 November 2011

Matsutake , Jamur Termahal Di Dunia

2
 
Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah untuk menjadi makanan enak. Nah selama ini kita mengetahui bahwa selain enak, jamur juga nggak sulit didapat dan harganya nggak mahal. Tetapi ada lho yang disebut sebagai jamur termahal di dunia. Seperti apa sih rasa dan bentuknya, mari kita lihat.
Selama ini yang banyak dikenal sebagai jamur paling mahal adalah white truffle. White truffle ini banyak disukai selebriti seperti halnya Jennifer Lopez dan Jessica Alba. Namun agaknya ada kekeliruan dalam hal ini. Kini yang dianggap sebagai jamur paling mahal didunia adalah jamur matsutake dari Jepang.
Matsutake atau mattake menjadi jamur paling mahal di dunia dikarenakan jamur ini sangat sulit didapat dan sangat jarang. Jamur ini biasanya hanya ada saat musim gugur saat serangga-serangga pemakan pohon dimana jamur ini tumbuh meningkatkan produksi jamur matsutake ini. Metode penanaman jamur ini juga sedang dikembangkan dikarenakan banyaknya permintaan. Namun sayangnya kurangnya jumlah pohon untuk menanam jamur ini mengakibatkan jamur ini agak sulit untuk dikembangkan.
Jamur paling mahal di dunia ini bisa dibeli seharga 1,000 dollar per poundnya bahkan ada jenis-jenis tertentu yang harganya bisa mencapai 2,000 dollar. Jamur ini terkenal dengan rasanya yang enak dan aroma buah-buahannya. Agaknya jamur ini menjadi kebanggaan masyarakat Jepang. Ada yang mau coba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar